Jumat, 17 Juli 2015

Segarnya Berbuka dengan ‘Boh Timon Gapu’





Setelah puasa seharian, rasanya ketika berbuka ingin sekali kita menikmati minuman dingin untuk menghilangkan dahaga. Dari beragam menu minuman es yang ditawarkan, namun rasanya kurang lengkap bila berbuka puasa tidak ditemani oleh es buah yang satu ini. Ya, es “boh timon gapu” atau buah timun suri merupakan salah satu menu es favorit ketika bulan Ramadhan tiba. Buah yang diolah menjadi minuman pelepas dahaga ini telah sekian lama menemani berbuka puasa umat muslim di Bumi Serambi Mekkah khususnya.
Timun suri atau dalam bahasa lokal dikenal dengan nama ‘timun wah’. Dalam Bahasa Aceh ‘wah’ bermakna pecah atau terbelah. Karena memiliki tekstur yang mudah hancur, buah bercitarasa manis itu juga kerab disebut sebagai timun gapu atau timur kapur. Timun suri memiliki tekstur yang mudah rusak ketika matang. Oleh karenanya buah berbentuk lonjong dalam balutan warna kuning muda itu lazim dibungkus dengan pelepah pisang.
Boh timon gapu memang permintaannya cukup tinggi di Bulan Ramadhan, oleh karena itu  tak salah jika petani beramai-ramai menjualnya pada Bulan Ramadhan. Anda bisa mendapatkannya dengan harga mulai Rp 5.000, tergantung besar-kecilnya ukuran.
Penyajian 
Anda dapat dengan mudah berkreasi dengan buah yang cuma ada sebulan dalam setahun tersebut. Jika tidak langsung dikonsumsi, maka anda tinggal mengerok dan menaruh dalam wadah tertutup untuk kemudian disimpan dalam kulkas.
Timun suri dikerok atau diserut kasar dan enak dicampur dengan sirup atau gula pasir dengan mendapat tambahan sedikit air. Untuk rasa dan takaran bisa disesuaikan dengan selera. Pasalnya daging buah ini segar tapi hambar. Tak ketinggalan es batu hadir sebagai pelengkap untuk menyegarkan acara berbuka anda.
1 buah timun suri bisa menghasilkan hingga minimal 5 gelas minuman. Yuk Reguk kesegarannya !!!
Bagaimana, sudah terbayang kan segarnya?. Tak salah jika banyak yang memilih boh timon gapu ini sebagai minuman pembuka kala buka puasa. Selain itu, membuatnya pun sangat simpel.
Mudah bukan, cara membuatnya? Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar