Jumat, 31 Juli 2015

Hello MOSKA




Libur panjang seusai lebaran telah berlalu. Kini saatnya kita kembali beranjak kerutinitas seperti biasa. Masa sekolah dan perkuliahan sudah dimulai kembali. Tas baru, baju baru, perlengkapan baru, dan semuapun serba baru. Tahun ajaran baru, menandakan bagi siswa ataupun mahasiwa yang tingkat dasar akan mengikuti sebuah tahap pengenalan lingkungan belajar. Masa Orientasi Siswa (MOS) bagi sekolahan dan Masa Orientasi Studi Kampus (Moska) pada bagku kuliahan.
Masa Orientasi Studi Kampus (Moska) sepatutnya merupakan acara orientasi mahasiswa baru yang memiliki tujuan, agar mereka sebagai mahasiswa baru mengenal lebih dekat  mahasiswa yang ada dikampus serta juga mengerti tentang alam kampus. Moska bukanlah ajang perpeloncoan atau “dikerjain” yang dilakukan oleh kakak atau abang senior terhadap junior mereka. Melainkan sang senior menjadi educator terhadap juniornya. Sehingga nantinya akan terjalin rasa keakraban antara mahasiswa yang satu dengan yang lainnya.  
Memberikan pengetahuan dan arahan dalam pengenalan dunia kampus sebaik mungkin, sehingga  tidak akan terjadi deskriminasi nantinya. Seringkali pula Moska dijadikan ajang berbisnis atau kepuasaan belaka bagi sebagian kalangan. Misalnya sang cama-cami (calon mahasiswa-mahasiswi) baru disuruh membawa benda, makanan, minuman tertentu. Dimulai dari yang mudah didapat serta harga terjangkau, hingga yang sulit didapat serta harga yang lebih dari standar. Kemudian benda atau makanan tersebut dikumpulkan untuk keperluan sebagian pihak. Apakah itu merupakan contoh penerapan edukasi yang baik? Tidakkah kita berpikir, bagaimana agar negara ini dapat berkembang, jika kita saja masih berada jauh dalam lingkungan alam pemikiran yang semakin terpuruk. Mari benahi pemikiran serta penerapan kita yang salah dalam hal yang mungkin sering kita anggap sepele.

0 komentar:

Posting Komentar